Jumat, 03 Juni 2011

Cara Belajar yang Nyaman

Sebelum kita menginginkan belajar dengan nyaman, terlebih dahulu kita harus: (1) memahami diri kita sendiri, (2) memahami kemampuan belajar kita, (3) mengetahui proses yang berhasil kita gunakan, dan (4) mengetahui minat kita dan pengetahuan atas mata pelajaran yang kita inginkan.

Setelah kita memahami langkah-langkah di atas, kita dapat memulai belajar nyaman dengan cara di bawah ini:

    Enjoy dalam belajar didampingi cemilan atau makanan dan minuman.

Kalau kita belajar dengan enjoy, pasti semua hal-hal yang kita anggap sulit akan terasa mudah bagi kita. Kita bisa belajar dengan didampingi makanan dan minuman atau cemilan. Kalau kita sudah mulai bosan kita bisa makan cemilan. Tapi kalau yang takut gendut, boleh makan buah-buahan atau makanan apa yang tidak bikin gendut.

    Cari tempat yang nyaman

Coba sebelum belajar kita cari tempat yang nyaman, misalnya di bawah pohon yang rindang, di taman, di ruang tamu atau keluarga, yang penting tempat yang menurut kita nyaman buat belajar. Asal tidak belajar di kamar saja, karena kalau kita belajar di kamar, akan cepat tidurnya. Apalagi kalau melihat bantal dan kasur yang empuk. Hee..

Sebenarnya setiap orang punya cara belajar sendiri-sendiri yang bisa membuat nyaman. Ada yang belajar nyaman jika mendengarkan musik, ada orang yang merasa belajar nyaman bila tidak ada suara, dan lain-lain. Adapun cara-cara belajar yang menyenangkan yaitu sebagai berikut:

    Melihat sekilas

Sebelum membaca, lihat materi bacaan secara sekilas pada malam sebelumnya, dan lihat kembali catatan sebelum memulai pelajaran di sekolah atau melakukan presentasi.

    Saatnya memanfaatkan setiap waktu, menjadikan semua subjek menarik dan berkreatif

    Belajar di tempat dan pada waktu yang teratur.

    Mendengarkan musik untuk mengendurkan pikiran.

    Beristirahat

Setiap setengah jam melakukan istirahat selama lima menit. Karena belajar yang baik adalah sebelum dan sesudah istirahat.

    Merencanakan sebelumnya

    Kita gunakan kalender untuk mempersiapkan suatu ujian atau presentasi. Karena kan mempertajam ingatan kita.

    Berdiri dan duduk dengan tegak

Ketika memasuki ruangan, berjalanlah dengan tegak. Kita merasa yakin, dan duduklah dengan tegak agar kita tetap dalam keadaan berminat.

    Kegagalan adalah Umpan Balik

Umpan balik adalah informasi yang diperlukan utnuk mendapatkan keberhasilan dan memberikan arah.

    Sikap : Kita dapat memperoleh lebih banyak daripada yang kita harapkan,kalau kita memusatkan pikiran kita untuk itu.

Related Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberi kritik atau saran dengan menulis komentar dibawah ini