Sabtu, 11 Juni 2011

Tumbuhan Hijau

Proses Fotosintesis pada tumbuhan hijau

Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau
Tumbuhan mampu membuat makanan sendiri. Namun hanya tumbuhan berhijau daun (klorofil) yang dapat membuat makanannya sendiri.

Prosesnya pengolahan makanan pada tumbuhan :

cahaya matahari
Air + Karbondioksida (CO2) Karbohidrat + Oksigen (O2)
klorofil

Air tanah mengandung zat hara yang diserap oleh akar (khususnya rambut akar). Rambut akar mempunyai bentuk yang halus sehingga mudah menyusup ke dalam tanah. Air yang diserap oleh rambut akar masuk ke batang melalui pembuluh kayu kemudian disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
Karbondioksida dari udara masuk melalui stomata dan lentisel. Stomata adalah pori-pori yang terdapat di permukaan daun. Lentisel adalah pori-pori yang terdapat di batang.
Peran Cahaya Matahari Dalam Proses Pembuatan Makanan.

Air dan karbondioksida dapat diolah menjadi makanan (karbohidrat). Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan cahaya matahari sebagai sumber energi. Energi cahaya matahari yang mengenai daun diserap klorofil. Energi tersebut dipakai klorofil untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Proses tersebut dinamakan FOTOSINTESIS (ASIMILASI).
Dengan demikian fotosintesis terjadi pada siang hari karena memerlukan cahaya matahari. Hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat (zat tepung), kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan dengan pembuluh tapis atau pembuluh ayak dan digunakan untuk : tumbuh, bernafas, berkembang biak dan sebagian untuk disimpan sebagai cadangan makanan.
Tempat menyimpan cadangan makanan :
1. di dalam akar,    contoh: ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, bengkuang.
2. di dalam batang,  contoh: tebu, sagu, kentang
3. di dalam buah,    contoh: alpokat, mangga, jeruk, nanas, pisang, pepaya, durian, anggur, dll. Seperti mangga termasuk tumbuhan berbiji belah, bijinya berwarna putih yang dibalut oleh kulit tipis disebut kulit ari. Bila kita belah maka tampaklah keping dua buah. Di tengah-tengah keping tersebut ada benda kecil yang melekat disebut lembaga. Fungsi biji tersebut adalah sebagai cadangan makanan.
4. di dalam biji,    contoh: padi, kacang-kacangan.

Lembaga adalah bakal tumbuhan baru yang mempunyai : bakal akar, bakal batang dan bakal daun. Biji dapat tunbuh karena mempunyai lembaga. Sebelum tumbuh lembaga tersebut mengambil makanan dari kelebihan makanan yang disimpan (cadangan makanan). Kelebihan makanan itu ada yang disimpan di akar, batang, buah dan biji.

Umbi adalah bagian tanaman yang menggembung dan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan pada tumbuhan.
Macam-macam umbi :
a. Umbi batang adalah bagian batang yang menggembung di dalam tanah dan berfungsi sebagai tempat makanan cadangan, ex : kentang.
b. Umbi akar adalah bagian akar tumbuhan yang menggembung dan berfungsi sebagai tempat makanan cadangan, contoh : ketela pohon (singkong), ubi jalar, talas, wortel, bengkuang.
c. Umbi lapis adalah bagian batang yang juga menggembung di dalam tanah sebagai makanan cadangan, contoh : bawang merah dan bawang putih. Jika umbi bawang putih kita tanam, maka tumbuh tunas dari umbi yang disebut SIUNG, yang akan menjadi tanaman baru.

Urut-urutan pertumbuhan berbiji belah sebagai berikut :
1. Biji baru ditanam di dalam pot yang telah diberi tanah humus.
2. Mula-mula tumbuh akarnya yang kecil, menuju ke bawah.
3. Kedua keping tersembul ke atas permukaan tanah dan tumbuh batangnya.
4. Kedua kepingnya terbuka dan tampak lembaganya.
5. Tumbuh daunnya dua helai berwarna hijau.

Fungsi tumbuhan bagi manusia dapat dijadikan sumber :
a. Bahan pangan
b. Bahan obat-obatan
c. Bahan pakaian
d. Bahan pembuat rumah
e. Penghasil oksigen

Bagian-bagian tumbuhan yang dimanfaatkan
1. tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya
a) bayam
b) kangkung
c) kubis

2. tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya
a) kacang kedelai
b) padi
c) kacang tanah

3. tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya
a) apel
b) mangga
c) jeruk

4. tumbuhan yang dimanfaatkan umbinya
a) talas
b) singkong
c) bawang

5. tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya
a) kayu jati
b) tebu
c) kelapa

6. tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya
a) kunyit
b) jahe
c) gingseng

Sedangkan fungsi tumbuhan hijau bagi hewan sebagai sumber bahan makanan dan penghasil O2 untuk proses pernafasan (respirasi)

Tumbuhan juga berperan penting dalam proses pelestarian tanah, karena tumbuhan dapat mencegah erosi. Jika tumbuhan ditanam ditanam dengan jarak berdekatan satu sama lain, akar tumbuhan dapat menahan tanah sehingga tidak mudah terbawa oleh air hujan.
Hasil lain dari fotosintesis adalah oksigen yang dikeluarkan ke udara sehingga udara banyak mengandung oksigen yang selalu dibutuhkan manusia untuk bernafas. Sedangkan hasil fotosinetesis tumbuhan berupa yang antara lain digunakan oleh tumbuhan untuk bernafas atau disebut respirasi, yang reaksinya sebagai berikut :

Karbohidrat + Oksigen (O2) energi + Air (H2O) + Karbondioksida (CO2)

Related Post

3 komentar:

terima kasih banyak gan, saya ijin Copy ya???

ubi jalar dan ubi kayu berbeda
kalau ubi jalar umbi batang sedang ubi kayu umbi akar

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik atau saran dengan menulis komentar dibawah ini