Sabtu, 09 Juli 2011

Alexa Rank

Tentang Alexa Rank dan Cara Meningkatkannya Aku yang tidak paham tentang Alexa Traffic Rank ingin coba ikut-ikutan menulis tentangnya Kenapa sich banyak blog yang mengejar Alexa Traffic Rank? Selain juga Google Page Rank?

Apakah itu Alexa Traffic Rank?

Traffic rank diupdate tiap 3 bulan sekali dengan melihat perkembangan data trafik, bobot dari page view dan user (reach). Jadi saya bisa bilang tidak benar bila ada yang bilang traffic rank diupdate tiap seminggu sekali atau kurang dari itu. Untuk Traffic rank pada web, dihitung pada level domainnya. Semisal www.msn.com, carpoint.msn.com dan slate.msn.com, karena mempunyai satu domain msn.com. ternyata beda dengan blog atau homepage pribadi, diukur lewat alamat URL nya. Reach adalah hitungan jumlah user. Reach dalam Alexa traffic rank berwujud persentase. Sebagai contoh, yahoo.com mempunyai reach 28%, artinya seluruh pengguna internet yang diukur dalam Alexa, 28% nya mengunjungi yahoo.com. Perubahan pada tiga bulan ditentukan dengan pembandingan hasil nilai yang didapat pada tiga bulan sebelumnya.

Page View

adalah ukuran jumlah pengunjung site. Page view beberapa kali ke satu halaman pada satu hari oleh user yang sama dihitung satu saja. Jadi angka yang digunakan adalah jumlah rata-rata
kunjungan user per user per hari. Dari sini terlihat Alexa traffic rank bisa dikatakan tidak mungkin turun, jadi akan terus naik atau tetap. Cuma masalah waktu. Karena perhitungannya penambahan terus terhadap page user dan view. Beda dengan Page Rank yang bisa naik bisa turun. Itu kata Bayu Mukti.

Kenapa mengejar Alexa Traffic Rank?
Nilai Traffic Rank dan Page Rank biasa digunakan untuk monetisasi blog, cari uang lewat iklan dan sejenisnya. Sebagai contoh program afiliasi RevewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews mensyaratkan nilai Alexa Rank ini.


Ada kasus menarik saat saya iseng-iseng browsing di Google, saya menemukan sebuah blog punyanya seorang TKW di HK, namanya Sekar, saya lihat di Alexa toolbar, dia memiliki Alexa traffic rank yang tinggi banget, lebih tinggi dari punyanya Bayu Mukti atau Joko Susilo atau Joko
Supriyanto, atau mungkin juga Fatih Suhud. Padahal itu hanya blog sederhana banget yang mungkin tidak pernah peduli dan paham apa itu Alexa dan Page Rank. Saya yakin ia juga tidak pernah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan Alexa Rank dengan sengaja. Tanpa sibuk tukeran link, tanpa hingar bingar ratusan komentar di setiap postingan. Karena biasanya orang ngasih komentar di blog besar karena bertujuan bisa ikut-ikutan kecipratan cepat besar, biar Page Ranknya meningkat, biar Alexa Ranknya meningkat, ya kan? Ngaku aja! Makanya blog yang terkenal apapun postingannya komentarnya pasti banyak banget. Mau tahu berapa nilai Alexa Sekar saat ini? 162!!! Apakah Alexa salah? Saya rasa tidak karena di Google search pun nilai ranknya hampir sempurna. Dan saya punya jawabannya. Setelah saya buka Alexa, saya analisa, ternyata Alexa mengenali blog tersebut hanya pada domainnya yaitu multiply.com, jadi Alexa mengukur blog Sekar hanya lewat nilai domain multiply.com.

Kalau gitu ya pantaslah, tidak jadi kaget. Jadi saya sendiri juga sebenarnya tidak begitu antusias untuk meningkatkan Alexa Rank karena suatu saat pastilah nilainya meningkat.

sumber

Related Post

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik atau saran dengan menulis komentar dibawah ini