Sabtu, 25 Desember 2010

Besaran pokok dan turunan

Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. tujuh besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional.
Panjang
Meter pertama kali didefinisikan pada 1973 dengan membagi jarak dari kutub utara sampai ke katulstiwa menjadi 10 juta bagian yang sama. Hasilnya diproduksi menjadi 3 batang platina dan beberapa batang besi. Karena selanjutnya diketahui bahwa pengukuran jarak dari kutub ke katulstiwa tidak akurat, maka pada 1960 standar ini ditinggalkan. Saat ini 1 meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya pada ruang hampa selama 1/299792458 detik.
alat ukur besaran panjang:mistar,rol meter,jangka sorong

Massa
Satuan Massa adalah Kilogram (Kg)
Massa suatu benda adalah banyaknya zat atau materi yang dikandung suatu benda massa selalu sama disetiap tempat.artinya massa di bumi sama dengan di bulan
Berat suatu benda dipengaruhi oleh besarnya gaya gravitasi suatu tempat.oleh karena itu berat suatu benda di bumi tidak sama dengan di bulan karena gravitasi bumi lebih kuat daripada gravitasi bulan.
Kilogram standar merupakan massa sebuah silinder Platina Iridium yang disimpan di Sevres dekat Paris. Massa 1 Kg standar setara dengan 1 liter air murni bersuhu 4 derajat Celsius
alat untuk mengukur Massa: Neraca pasar,Neraca Ohauss,Neraca sama lengan, Neraca digital

Waktu
Satuan waktu awalnya didefinisikan sebagai 1/86400 dari waktu satu hari, namun karena rotasi bumi tidak konstan, maka definisi ini diganti menjadi 1/31556925.9747 dari tahun 1900. pada 1967, definisi ini kembali diganti
detik adalah selang waktu dari 9.192.631.770 periode radiasi yang disebabkan karena transisi 2 atom cesium – 133 pada ground state.

Arus Listrik

Saat arus listrik mengalir lewat suatu kabel, maka bidang magnet akan berada di sekeliling kabel. Ampere didefinisikan pada 1948 dari kekuatan tarik-menarik dua kabel yang berarus listrik.
1 ampere adalah arus listrik konstan dimana jika terdapat dua kabel dengan panjang tak terhingga dengan circular cross section?? yang dapat diabaikan, ditempatkan dengan jarak 1 meter pada ruang hampa, akan menghasilkan gaya 2 x 107 newton per meter.

Suhu
Definisi dari temperature didasarkan pada diagram fase air, yaitu posisi titik tripel air (suhu dimana 3 fase air berada bersamaan) yang didefinisikan sebagai 273,16 kelvin, kemudian nol mutlak didefinisikan pada 0 kelvin, sehingga 1 kelvin didefiniskan sebagai 1/273.16 dari temperature titik tripel air.

Intensitas Cahaya
Satuan intensitas cahaya diperlukan untuk menentukan keterangan dari suatu cahaya. Sebelumnya, lilin dan bola lampu pijar digunakan sebagai standar. Standar yang digunakan saat ini adalah sumber cahaya monokromatik (satu warna), biasanya dihasilkan oleh laser, dan suatu alat bernama radiometer digunakan untuk mengukur panas yang ditimbulkan saat cahaya tersebut diserap.
1 candela adalah intensitas cahaya pada arah yang ditentukan, dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 per detik, dan memiliki intensitas radian pada arah tersebut sebesar (1/683) watt per steradian.

 Jumlah Zat
mol adalah istilah yang digunakan sejak 1902, dan merupakan kependekan dari “gram-molecule”.
1 Mol adalah jumlah zat yang mengandung zat elementer sebanyak atom yang terdapat pada 0.012 kg karbon – 12. saat istilah mol digunakan, zat elementernya harus dispesifikasikan, mungkin atom, molekul, electron, atau partikel lain.
Kita dapat membayangkan satu mol sebagai jumlah atom dalam 12 gram karbon 12. bilangan ini disebut bilangan Avogadro, yaitu 6.0221367 x 1023



Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok
contoh:Luas,Volume,Massa Jenis,Kecepatan,,Berat,Gaya,Tekanan,Usaha/Energi,daya,dll





Related Post

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberi kritik atau saran dengan menulis komentar dibawah ini